Sosialisasi P4GN Upaya Bentengi Generasi Muda dari Bahaya Narkoba
18 September 2023 13:39:06 WIB 27 Berita Terkini Tita Shania

Badan Kesbangpol Sumbar kembali melaksanakan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Bertempat di hotel UNP, Air Tawar, Padang, kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (13/09) ini utamanya bertujuan untuk membentengi masyarakat khususnya generasi muda dari bahaya terpapar narkoba.


Pada kesempatan itu, Kabid Kesba Ormas Badan Kesbangpol Sumbar, Muzahar, mengatakan bahwa diperlukan kerjasama semua pihak untuk memutus mata rantai penyebaran narkoba. Ia melanjutkan, bahwa salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah daerah yakni bersama DPRD Sumbar melakukan kegiatan kegiatan pencegahan sebagai upaya pendekatan dan pemberian pencerahan pada masyarakat.


Anggota DPRD Sumbar, Gustami Hidayat, yang membuka sosialisasi ini sekaligus menjadi narasumber mengatakan bahwa generasi muda perlu mengembangkan potensi dan mengaktualisasikan diri dengan melakukan sejumah kegiatan positif seperti membentuk organisasi yang peduli dengan bahaya narkoba, dan mampu bersikap inisiatif dan kreatif. Generasi muda juga harus berani menolak ajakan teman yang bersifat negatif ,karena semua elemen tidak lepas dari ancaman narkoba yang tak memandang umur, profesi maupun jabatan. Ia juga menekankan bahwa semua pihak harus gencar memerangi narkoba. Perang terhadap narkoba harus dibarengi kerjasama dan menuntut kesadaran semua pihak untuk ikut berperan aktif. Ia pun mengingatkan betaa pentingnya peran lingkungan dalam P4GN. Masyarakat juga bisa melakukan upaya pencegahan dengan cara menyebarluaskan informasi bahaya narkoba dimulai dari lingkungan terkecil, sehingga bisa menghasilkan Generasi Bangsa Berkualitas, Sehat Tanpa Narkoba. 


Sosialisasi P4GN diikuti oleh 125 tokoh masyarakat dan generasi muda kota Padang. Turut hadir Mutia Khairani dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumbar, dan Ahmad Hidayat, motivator pemberdayaan masyarakat yang juga bertindak sebagai narasumber.