Sinergiskan Program Kerja, Badan Kesbangpol Sumbar Selenggarakan Forum Perangkat Daerah
28 Februari 2024 08:36:44 WIB 10 Berita Utama Tita Shania

Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah lingkup kesbangpol pada hari Selasa (21/02) di Grand Rocky Hotel, Bukittinggi. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Badan/Kantor Kesbangpol Kabupaten/Kota, sejumlah OPD terkait, serta anggota forum forum strategis dibawah koordinasi Badan Kesbangpol Sumbar, yakni FKUB, FKDM dan FPK. 

Forum Perangkat Daerah dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Drh. Erinaldi. Dalam arahannya, Kepala Badan Kesbangpol menegaskan bahwa peningkatan sinergitas dan sinkronisasi program kerja jajaran Kesbangpol provinsi dan kabupaten/kota se- Sumbar sangat penting untuk mendukung terwujudnya keamanan dan kenyamanan daerah. Juga penting untuk menjaring informasi dari forum forum strategis untuk memastikan segala aspek yang mendukung kinerja kesbangpol berjalan dengan optimal.

Pada kesempatan itu, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar juga mengatakan bahwa Sumbar patut berbangga dan bersyukur, karena Pilpres dan Pileg 2024 berlangsung relatif baik dan kondusif di semua kabupaten/kota di Sumbar pada 14 Februari lalu. ia menambahkan, pada tahun 2024 juga akan dilangsungkan Pilkada serentak. Untuk itu, saat ini semua unsur baik pemerintah daerah, penyelenggara, dan semua elemen terkait mesti bersiap untuk pelaksanaan tahapan Pilkada 27 November mendatang.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah mencakup paparan strategi dan target kinerja lingkup Kesbangpol oleh Bappeda Sumbar. Selain itu, juga dipaparkan rencana program dan kegiatan bidang bidang pada Badan Kesbangpol Sumbar, yakni bidang Politik Dalam Negeri, bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik, bidang Kesba Ormas dan bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa. Dari paparan program kerja dimaksud, diharapkan dapat diselaraskan dengan program kerja pada kabupaten kota sehingga terwujud pelaksanaan tugas tugas lingkup kesbangpol yang optimal di Sumbar