Sambut Peserta Latsitarda Nusantara XLIII, Wakil Gubernur Sumbar Bangga
21 Mei 2023 10:36:03 WIB 7 Berita Utama Tita Shania

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy menyatakan rasa bangganya atas penunjukan Sumatera Barat menjadi penyelenggara Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII tahun 2023. Hal tersebut disampaikannya saat menyambut secara resmi kedatangan taruna taruni akademi TNI, akademi kepolisian, praja IPDN dan taruna Poltek Siber dan Sandi Negara di dermaga Teluk Bayur pada Rabu (17/05). Melalui kegiatan integrasi ini, Wagub Sumbar mengharapkan agar para peserta Latsitardanus mampu menularkan semangat dan memotivasi agar para pemuda dan masyarakat mau mengabdi pada NKRI.

Lebih jauh, Wagub Sumbar berpesan kepada para peserta untuk membaur dan bahu membahu dengan masyarakat dalam menjalankan program program Latsitardanus, mengingat para peserta akan bersentuhan langsung dengan akar rumput. Para peserta diharapkan mampu menghormati nilai dan norma di lokasi lokasi latihan nantinya. Wagub pun kembali menyatakan apresiasinya kepada pihak akademi TNI yang telah memilih Sumbar sebagai lokasi pelaksanaan latihan integrasi ini.

Hadir pada kesempatan itu, Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI, Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Komandan KRI Surabaya, Komandan KRI Banda Aceh, pejabat TNI Polri, jajaran Forkopimda Sumbar, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar dan unsur OPD/instansi lainnya. Pada kegiatan penyambutan, dilaksanakan pemasangan deta dan syal oleh Danjen Akademi TNI kepada Komandan Resimen Taruna Latihan (Danmentarlat) Latsitardanus XLIII, Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke KRI yang sedang sandar di pelabuhan Teluk Bayur,