Kepala Badan Kesbangpol Sumbar : Generasi Muda Perlu Bentengi Diri Dari Ajaran Radikal
11 Juli 2023 12:37:46 WIB 32 Berita Terkini Tita Shania

Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Dr. Jefrinal Arifin, mengatakan bahwa generasi muda perlu membentengi diri dari pengaruh dan ajaran radikalisme. Generasi muda dInilai memiliki peran strategis untuk membangun kekuatan bersama dalam mendeteksi dini, menangkal dan mencegah berkembangnya paham radikal yang bisa berujung pada aksi terorisme. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri kegiatan 'Aksi Musik Anak Bangsa (Asik Bang)' yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumbar, di kafe Kupi Batigo, Padang, pada  Kamis (06/07). 

Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang peserta yang menampilkan lagu nasional dan lagu pilihan dari seluruh Sumbar ini bertujuan untuk menyebarkan nilai-nilai kebangsaan guna mencegah penyebaran paham radikalisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa dan negara. Aksi musik ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) RI, ketua FKPT Sumbar, praktisi musik dan media sosial, dan dari unsur perguruan tinggi.

Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dikemas dalam bentuk aksi musik, kegiatan diselenggarakan dengan maksud agar generasi muda mampu melakukan kegiatan positif dan terhindar dari banyak pengaruh negatif perkembangan zaman, khususnya ajaran ajaran yang dikembangkan oleh kelompok radikal. Dibutuhkan sinergi bersama antara aparatur pemerintah dengan masyarakat untuk mencegah berkembangnya paham radikal, khususnya di kalangan anak anak muda, mengingat bahaya radikalisme bisa menyasar siapa saja tanpa memandang pangkat, jabatan maupun status sosial.