Kesbangpol Sumbar Gelar Forum Pemantapan Wasbang, Momentum Tumbuhkan Semangat Kebangsaan Generasi Muda
06 September 2019 09:13:07 WIB 206 Berita Terkini Tita Shania

Badan Kesbangpol Prov. Sumbar menggelar Forum Pemantapan Wawasan Kebangsaan (FPWK) di Painan, pada Selasa (03/09). Melalui kegiatan pemantapan semacam ini, diharapkan muncul momentum bagi generasi muda untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dalam dirinya. Hal ini berguna untuk memperkuat pondasi kehidupan berbangsa dan bernegara yang belakangan mulai luntur.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Nazwir, mengatakan diperlukan kesadaran kolektif segenap elemen bangsa untuk merevitalisasi dan mengaktualisasi nilai nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai prasyarat dan modal utama dalam menghadapi perkembangan peradaban bangsa.

Munculnya beragam persoalan bangsa seperti konflik komunal/sosial, kemiskinan, ketimpangan kesejahteraan, aksi radikal maupun efek negatif kemajuan teknologi, mesti segera diantisipasi, salah satunya dengan membekali diri dengan pemahaman akan arti pentingnya nilai nilai luhur bangsa.  

Ia menambahkan, melalui kegiatan semacam ini diharapkan generasi muda dapat memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, mempunyai tenggang rasa yang baik, memilik rasa solidaritas dan tanggung jawab yang tinggi terhadap kebersamaan untuk memajukan kesejahteraan bangsa.

Forum pemantapan wawasan kebangsaan ini diikuti oleh 125 siswa/i SLTA dan generasi muda di Pesisir Selatan, dan dibuka oleh Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon. Turut menjadi pembicara yakni Dandim 0311 Pesisir Selatan dan akademisi dari Universitas Negeri Padang (UNP)