Kaban Kesbangpol Sumbar : Perempuan Miliki Peran Strategis Untuk Sukseskan Pemilu
16 Maret 2023 20:55:44 WIB 2 Berita Terkini Tita Shania

Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Dr. Jefrinal Arifin, mengatakan bahwa perempuan mempunyai peran strategis dalam bidang politik, khususnya untuk mensukseskan Pemilu 2024. Hal tersebut dikatakannya saat membuka kegiatan Pengembangan Literasi Politik melalui Forum Perempuan, pada hari Selasa (14/03) di The Balcone Hotel and Resort, Bukittinggi.

Lebih lanjut, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar menyatakan bahwa kesetaraan gender dalam berpolitik telah diakomodir dalam regulasi, dimana dalam proses pemilihan dialokasikan minimal 30 persen kuota bagi kaum perempuan. Ia menambahkan, forum ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah untuk memperbaiki kualitas partisipasi politik perempuan, agar tercapai kesetaraan hak dalam kehidupan bernegara.  Ia lantas mengajak seluruh komponen untuk bersama mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, utamanya melalui partisipasi aktif perempuan untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas, berintegritas, damai,  aman dan lancar. 

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri bersinergi bersama pemko Bukittinggi melalui kegiatan literasi politik ini. Kegiatan diikuti oleh 250 orang tokoh perempuan di Bukittinggi. Turut menjadi narasumber pada kegiatan ini yakni Ketua KPU Sumbar, Ketua Bawaslu Sumbar, Plt.Kepala Badan Kesbangpol Kota Bukittinggi dan peneliti dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi.