Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Tahun 2024 Digelar
20 Mei 2024 12:34:43 WIB 59 Berita Terkini Tita Shania

Sabtu malam (18/05) Mei 2024 berlangsung kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Tahun 2024. Bertempat di Universitas PGRI Sumbar, kegiatan dihadiri oleh sekitar 400 peserta. Pada kesempatan itu, Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, menyampaikan bahwa penetapan tahapan pemilihan gubernur ini telah sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024. Menurut peraturan tersebut, tanggal 27 November 2024 telah ditetapkan sebagai hari pemungutan suara Pilkada serentak 2024. KPU berharap pelaksanaan Pilkada dapat berjalan baik di Sumbar seperti halnya pelaksanaan Pilpres lalu.

Adapun untuk Pilkada,  KPU Provinsi Sumbar telah menetapkan tagline Pilkada Serentak di Sumbar yakni Pilkada Bermartabat, Berarti Untuk Negeri. Tagline ini diharapkan dapat memotivasi dan menginspirasi masyarakat Sumbar, dan meningkatkan partisipasi pemilih di Sumbar.


Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar,  Drh. Erinaldi, mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada secara langsung  merupakan salah satu instrumen politik nasional dan merupakan proses konsolidasi demokrasi untuk membuka ruang partisipasi yang lebih luas bagi masyarakat untuk menentukan kepemimpinan politik di tingkat lokal. Sistem ini, lanjutnya,  sudah menjadi komitmen bersama semenjak bergulirnya reformasi dan otonomi daerah sehingga membuka peluang bagi masyarakat untuk memilih pemimpinnya secara demokratis. Terpilihnya pemimpin melalui pemilihan langsung  diharapkan mampu mengemban amanat otonomi daerah dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan hukum dalam wadah NKRI.


Kepala Badan Kesbangpol Sumbar melanjutkan bawah pada Pilkada 2020 lalu, partisipasi pemilih di Sumbar hanya sebesar 62,19%. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah dan instansi terkait untuk terus melakukan pendekatan pada masyarakat melalui sosialisasi dan pendidikan politik agar mereka mau menggunakan hak hak politiknya dengan baik.


Turut hadir pada kegiatan yakni Forkopimda Sumbar, partai politik, perwakilan mahasiswa dan siswa, serta unsur media. Aacar diisi dengan peluncuran tagline dan maskot Pilkada, peluncuran jingle dan komik, dan diemriahkan dengan tari kolosal Pilkada, musik komposisi, penyerahan hadiah lomba maskot dan jingle serta penampilan artis lokal dan tari tarian.