Pemprov Sumbar Dukung Pelaksanaan Kegiatan Peningkatan Wawasan Kebangsaan
13 Mei 2024 11:01:40 WIB 2 Berita Terkini Tita Shania

Senin (06/05) Gubernur Sumbar, Mahyeldi, memimpin FGD Forkopimda yang membahas persiapan dan kesiapan pelaksanaan kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan di Sumbar yang diinisiasi oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI. Dilaksanakan di ZHM Premiere Hotel, Padang, FGD dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Danlantamal II dan unsur Forkopimda lainnya. Gubernur Sumbar menyambut baik rencana kegiatan ini. Melalui pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini diharapkan dapat menguatkan semangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Sumbar.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga memaparkan keberhasilan pelaksanaan pemilu 2024 di Sumbar. Sebagai informasi, pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Sumbar berlangsung di 17.569 TPS pada 179 kecamatan di 19 kabupaten/kota se- Sumbar. Seluruh tahapan pelaksanaan Pilpres dan Pileg hingga pemungutan suara yang berlangsung pada 14 Februari lalu berjalan dengan baik. Tidak ada kasus kecurangan yang masif dan situasi kondisi daerah secara umum kondusif. Gubernur Sumbar menjelaskan bahwa hal ini dapat dicapai  berkat partisipasi positif masyarakat dan sinergitas jajaran pemerintah daerah dan forkopimda.


Pada kesempatan itu,  Direktur Sosialisasi dan Media Lemhanas RI, Brigjen Pol Trio Santoso, memaparkan bahwa terdapat dua kegiatan  utama yang akan dilaksanakan di Sumbar yaitu talkshow wawasan kebangsaan dan dialog wawasan kebangsaan. Talkshow akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2024 secara live di TVRI Sumbar), sedangkan dialog wawasan kebangsaan akan berlangsung dari tanggal 3 s/d 5 Juli 2024 di Pangeran’s Beach Hotel Padang. Dengan diadakannya kegiatan ini di Sumbar, diharapkan dapat mendongkrak kepedulian sosial, pelestarian budaya dan kearifan lokal serta menguatkan rasa dan semangat kebangsaan masyarakat Sumbar.


Jajaran Forkopimda Sumbar siap mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan. Turut hadir dalam FGD ini yakni Rektor Unand, Kepala Stasiun TVRI Sumbar, Ketua IKAL Prov. Sumbar dan pemerhati sejarah dan adat Minangkabau, Dr. Yulizar Yunus Dt. Rajo Bagindo.