Mahasiswa UNP Ikuti Pembekalan Latsitarda Nusantara XLIII
21 Mei 2023 10:17:11 WIB 9 Berita Utama Tita Shania

Pada 17 Mei 2023, sebanyak 100 orang mahasiswa/i Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti pembekalan dalam rangka mendukung kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIII 2023 yang dilangsungkan di Sumatera Barat. Pada kesempatan itu, Direktur Pendidikan (Dirdik) Akademi TNI, Brigjen TNI Dody M. Taufik, menjelaskan gambaran pelaksanaan Latsitardanus XLIII yang diselenggarakan di 5 kota/kabupaten di Sumbar dari tanggal 19 Mei hingga 8 Juni 2023. Ia berharap, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Turut memberikan materi dalam pembekalan yaitu Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Dr. Jefrinal Arifin. Ia mengatakan bahwa mahasiswa UNP nantinya akan bergabung dengan peserta Latsitarda Nusantara lainnya yaitu taruna taruni akademi TNI, Akpol, praja IPDN dan taruna Poltek Siber dan Sandi Negara. Untuk itu, diharapkan tak ada kendala dalam integrasi maupun saat membaur dengan kehidupan sosial kemasyarakatan di wilayah nantinya. Adapun narasumber lain pada kegiatan ini yaitu Paban Opsdik Ditdik Akademi TNI, Sekretaris Dinas PMD Sumbar dan Wakil Rektor 1 UNP.

Di akhir pembekalan, ditekankan bahwa mahasiswa/i peserta Latsitardanus XLIII agar dapat belajar berkoordinasi dan menjalin sinergi dengan taruna taruni peserta, sehingga mampu bersama sama berkontribusi untuk membangun Sumbar. Mahasiswa/i mesti bisa memunculkan segenap potensi yang ada demi mendukung kemajuan kota/kabupaten yang menjadi lokasi latihan. Para mahasiswa juga diminta untuk bisa mempromosikan pariwisata dan sejumlah keunggulan yang ada di Sumbar, sehingga potensi potensi yang ada di daerah ini dapat lebih dikenal