Kaban Kesbangpol Sumbar : Aktivitas Pariwisata Dibuka, Waspada Penyebaran Covid 19
21 Agustus 2020 09:08:52 WIB 233 Berita Terkini Tita Shania

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Prov. Sumbar, Nazwir, pada Rabu (19/08) di Tuapejat, dalam pertemuan bersama Danlantamal II Padang dengan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai mengatakan bahwa dengan telah dibukanya beberapa sektor termasuk pariwisata di Sumbar, pemerintah daerah perlu tetap mewaspadai penyebaran Covid 19. Khususnya di Kepulauan Mentawai yang pendatangnya didominasi oleh turis asing, pemerintah daerah harus tetap menjalankan protokol standar Covid 19 bagi semua pendatang, agar Kepulauan Mentawai tetap menjadi zona hijau Covid 19 di Sumbar. Ia melanjutkan, adanya persyaratan telah mengikuti rapid test dengan hasil non reaktif  untuk masuk ke Mentawai, merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga daerah ini dari penyebaran Covid 19. Bahkan, di daerah lain, kebijakan seperti ini hanya berlaku di level provinsi bukan level kabupaten atau kota.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengatakan bahwa sejak awal Mentawai memang menerapkan standar masuk yang ketat bagi pendatang. Ia menambahkan, mengingat kondisi Mentawai yang belum memadai baik dari segi sumber daya maupun prasarana kesehatan untuk penanganan Covid 19, maka semua pemangku kepentingan di Mentawai yakni kepala daerah, Forkopimda, dan jajaran lainnya kompak untuk secara sinergis dan terpadu menjalankan kebijakan penanganan Covid 19. Ia bersyukur bahwa hingga saat ini Mentawai masih masuk kategori zona hijau Covid 19 dan ia berharap kedepannya akan tetap hijau, begitupun untuk kabupaten/kota lainnya di Sumbar.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal II Padang, Laksma TNI Dafit Santoso, turut memuji penanganan Covid 19 di Mentawai yang ia nilai baik. Menurut pengamatannya, pengawasan orang masuk ke Mentawai dilakukan dengan sangat baik mulai dari keberangkatan di Padang hingga sampai di pelabuhan di Tuapejat. Ia pun memuji kekompakan dan sinergitas semua jajaran yakni kepala daerah, Forkopimda hingga SAR Kabupaten Kepulauan Mentawai. Ia berharap, ketegasan serupa dapat lebih ditingkatkan pada level provinsi sehingga setiap orang yang masuk ke Sumbar dapat dipastikan bebas Covid 19.