Jaga Persatuan Dalam Kemajemukan, Badan Kesbangpol Sumbar Selenggarakan Peningkatan Pembauran Bangsa
13 Mei 2024 14:18:30 WIB 2 Berita Terkini Tita Shania

Peningkatan pemahaman pembauran kebangsaan sangat diperlukan untuk memelihara persatuan dalam kemajemukan. Sesuai tugas dan fungsinya, pada tanggal 9 hingga 11 Mei 2024, Badan Kesbangpol Prov. Sumbar menyelenggarakan kegiatan peningkatan pemahaman pembauran kebangsaan bagi 100 orang peserta. Dikemas dalam bentuk pemberian materi dan outbond, kegiatan di adakan di Dempo Anailand, Padang Pariaman.

Tujuan pelaksanaan peningkatan pemahaman pembauran kebangsaan diantaranya adalah untuk  menumbuhkan, memupuk, dan melestarikan kerukunan. Tidak dipungkiri, begitu banyak keragaman dalam masyarakat kita termasuk di Sumbar, baik dari sisi budaya, agama maupun bahasa dan adat istiadat. Masyarakat yang paham akan kekayaan keragaman, tentunya diharapkan mampu melestarikan nilai sosial budaya serta mengembangkan kehidupan demokrasi. Ini merupakan landasan penting dalam dalam upaya menjaga keutuhan NKRI.


Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi maupun kerjasama antara masyarakat. Dialog dan diskusi sangat diperlukan guna membangun bangsa agar pemantapan dan terpeliharanya pembauran dalam kemajemukan dapat terwujud.

Adapun narasumber pada kegiatan yakni Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, drh. Erinaldi, anggota DPRD Sumbar, Zulkenedi Said, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Sumbar, Dr. Otong Rosadi, dan Ketua IKAL Sumbar, Agus Rianto. Untuk materi permainan dalam outbond disajikan oleh Lumint Outbond and Motivation.

Berbeda beda tapi tetap satu. Semboyan ini hendaknya selalu mampu menjadi perekat kemajemukan NKRI.