Dialog Politik Tingkatkan Pemahaman Demokrasi Masyarakat
28 Februari 2019 10:28:05 WIB 2,431 Berita Terkini Tita Shania

Kamis (21/02), Badan Kesbangpol Prov. Sumbar melaksanakan kegiatan dialog politik bagi pimpinan ormas dan tokoh masyarakat di kab. Padang Pariaman. Dibuka oleh Sekretaris Daerah Kab. Padang Pariaman, kegiatan ini diikuti oleh 75 orang anggota ormas dan tokoh masyarakat perempuan.

Jelang pelaksanaan pemilu serentak 2019, Badan Kesbangpol Prov. Sumbar mengintensifkan pendidikan politik bagi masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat kian paham akan proses demokrasi di daerah dan mau terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu, salah satunya dalam bentuk menggunakan hak pilihnya secara sadar dan dengan perhitungan yang matang.

Dialog politik juga dimaksudkan untuk menurunkan jumlah 'golput' pada pemilu 2019, sehingga meningkatkan partisipasi politik dari pemilu sebelumnya. Untuk pemilu 2019 sendiri, pemerintah optimis partisipasi politik masyarakat akan meningkat jauh dari pemilu sebelumnya. Hal ini nantinya mencerminkan bahwa proses demokrasi di daerah berjalan dengan dengan aman dan lancar serta sesuai dengan etika norma dan budaya serta aturan yang berlaku.